Rabu, 25 September 2019

Cara Penanaman Bibit Alpukat Agar Menghasilkan Buah Alpukat Yang Unggul

Cara Penanaman Bibit Alpukat Agar Menghasilkan Buah Alpukat Yang Unggul 

Penanaman atau cara tanam bibit alpukat adalah salah satu penentuan keberhasilan berkebun atau budidaya pohon alpukat. Penanaman bibit alpukat atau budidaya alpukat dalam satu tempat sebaikya tidak satu jenis saja, melainkan harus dikombinasi antar varietas satu dengan varietas dua, sehingga terjadi penyerbukan antar varietas
Cara Penanaman Bibit Alpukat - Foto Bibit Alpukat Mentefa

Penanaman atau cara tanam bibit alpukat adalah salah satu penentuan keberhasilan berkebun atau budidaya pohon alpukat. Penanaman bibit alpukat atau budidaya alpukat dalam satu tempat sebaikya tidak satu jenis saja, melainkan harus dikombinasi antar varietas satu dengan varietas dua, sehingga terjadi penyerbukan antar varietas. Dengan adanya penyerbukan antar varietas satu dengan yang lainya maka mengahasilkan buah yang lebih unggul.  

Untuk jarak tanam ideal untuk tanaman alpukat adalah 8 x 8 meter sehingga dalam satu hektar dapat ditanami sekitar 150 pohon. Namun ada juga yang menamam alpukat dengan jarak antar pohon 7 x 7 meter. Inti dari penentuan jarak tanam adalah ranting antar pohon tidak saling tumpang tindih sehingga pertumbuhannya menjadi bagus dan maksimal.

Baca Juga:


Tahapan untuk menanam bibit alpukat yang baik adalah sebagi berikut:


  • Pertama buatlah lubang tanam 80cm x 60cm x 40cm, biarkan lubang tanaman kurang lebih 2minggu. 
  • Kedua, tutup lubang tanam yang telah dibuat bagian atas dengan dicampuran antara tanah dan kotoran kandang.
  • Ketiga, berilah ajir untuk tanda tempat atau posisi lubang tanam agar tidak salah tempat pada saat penanaman bibit alpukat.
  • Keempat, waktu penanaman bibit alpukat dilakukan pada awal musim peenghujan, diusahakan tanah yang ada pada lubang tanam harus lebih tinggi dari tanah di sekirtarnya, sehingga tidak terjadi genangan air saat melakukan penyiraman atau saat terjadi hujan.
  • Kelima bibit ditanaman tepat di tengah lubang tanam dan dibawah sambungan sekitar 15cm, tancapkan ajir dan ikat pada batang bibit agar tumbuh dengan tegak.
  • Dan yang ke enam, sebaiknya setiap bibit yang baru ditanam , diberi nangungan agar tidak terkena matahari atau hujan secara langsung. Usahakan naungan condong ke barat atau tinggi yang sisi timur. Naungan berfungsi sampai tumbuh tunas baru ataua kurang lebih 2-3 minggu.


Demikisn sedikit uraian dari kami “ Dioko Farm”  tentang “Cara Penanaman Bibit Alpukat Dan Menghasilkan Buah Yang Unggul” semoga bermanfaat.

Kami juga menyediakan bibit alpukat unggul dengan jenis yang beragam mulai alpukat mentega jumbo / pluang, alpukat miki, alpukat wina, alpukat markus / kendil dan jenis alpukat unggul lainya.

Pemesanan bibit alpukat silahkan hubungi kontak kami di :085777614260

1 komentar: