WA

Minggu, 05 Juli 2020

Tips Penjarangan Buah Pada Pohon Alpukat


Tips Penjarangan Buah Pada Pohon Alpukat


Penjarangan Buah Pada Pohon Alpukat

Penjarangan buah alpukat sangat diperlukan untuk menghasilkan buah dengan kualitas tinggi. Bagi petani alpukat pemula biasanya kurang memperhatikan hal ini karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan sehingga hasil panen buah alpukat kurang maksimal. Apakah penjarangan penting? Jawabannya iyalah sangat penting karena mempengaruhi kualitas buah alpukat. Berikut ini beberapa tips penjarangan buah alpukat yang kami rekomendasikan untuk anda para petani alpukat.

1. Waktu Penjarangan


Penjarangan dilakukan ketika ukuran buah alpukat sebesar bola pinpong atau ibu jari kaki orang dewasa. Jika masih sangat kecil jangan lakukan dulu karena ditakutkan buah alpukat malah mengalami kerontokan atau kerusakan pada buah muda. Sebaiknya penjarangan ini dilakukan pada pagi hari.


2. Peralatan Penjarangan



Siapkan peralatan penjangan, bisa menggunakan gunting rambut atau gunting khusus perkebunan yang dapat anda beli di toko peraltan pertanian. Bersihkan gunting tersebut dengan air lalu keringkan dengan kain bersih. Jangan menggunakan tangan untuk penjarangan karena bisa merusak beberapa elemen penting pada tangkai alpukat.

Jual Bibit Alpukat Unggul

3. Cara Penjarangan Buah Alpukat



Penjarangan buah alpukat paling tepat menurut beberapa petani yaitu dilakukan dua tahap, alasannya untuk menghindari kerusakan atau kerontokan pada calon buah alpukat yang masih kecil. Tahap pertama yaitu melihat kapasitas tangkai pohon alpukat yang ada buahnya, perajangan tujuannya untuk mengurangi jumlah buah dengan catatan jika buah pada satu tangkai terlalu banyak.

Siapkan gunting untuk melakukan penjarangan, sebelum melakukan pemotongan lihat dulu jumlah buah contohnya jika satu tangkai terdapat 10 buah kita bisa kurangi sekitar 3-4 buah saja. Hal ini tidak berlaku pada tangkai yang jumlah buahnya sedikit, kalau ada buah yang bergandengan sebaiknya kurangi saja.

Tahap kedua, setelah penjarangan pada tahap pertama selesai dilakukan tunggu hingga 2 bulan untuk melakukan penjarangan kembali. Pada tahap ini anda bisa melihat apakah penjarangan diperlukan atau tidak, faktor tersebut mengacu pada kesehatan buah jika kurang sehat sebaiknya dipotong saja. Setelah itu kurangi jumlah daun hingga setenganya yang ada ditangkai atau cabang pohon alpukat agar buah cepat besar.


Demikian sedikit uraian dari kami “ Dioko Farm  tentang “Cara Penjarangan Buah Pada Pohon Alpukat” semoga bermanfaat. Kami juga menyediakan bibitalpukat unggul dengan jenis yang beragam mulai alpukat mentega jumbo / pluang, alpukat miki, alpukat wina, alpukat markus / kendil dan alpukat unggul lainya. Pemesanan bibit alpukat silahkan hubungi kontak kami di : 085777614260


Tidak ada komentar:

Posting Komentar